belajar facebook organik untuk jualan part 1

November 14, 2022


hallo teman-teman, kembali lagi kita update ilmu marketing yang mungkin teman-teman butuhkan, tapi sebelumnya saya minta maaf ya, karena mungkin tulisan ini akan banyak part part selanjutnya. karena memang sangat banyak yang perlu saya sharing disini. oh iya tulisan ini adalah rangkuman yang saya pernah baca dari sumber-sumber grub digital marketing. jadi mohon maaf jika teman-teman pernah membaca sebelumnya. intinya kita sama-sama belajar dan sebelum kita lanjut mari kita pahami dahulu 3 Hal Penting untuk yang Jualan di Facebook Personal

Facebook Organic?

Makhluk apa itu? Hehehe.
Kalau diterjemahkan pakai metode Tarzan.
Facebook Organic adalah strategi pemasaran dengan Facebook Personal.
Ya, akun Facebook kita.
Tempat kita tulis status, tempat kita menuangkan isi hati, hehe.
Ada kata "organic" nya artinya adalah gratisan.
Benar, promosi di akun Fb kita, gak perlu bayar, kecuali internetnya doang.
Alias buat yang internetnya numpang, wah ini benar-benar gratis 100%, hihi
Jadi mulai mengenalkan produk Anda, membuat mereka membeli, sampai berubah jadi pelanggan, itu lewat Facebook personal.

Mungkinkah?
Sangat mungkin sekali, dan banyak yang sudah merasakannya.
Faktanya, Dari data similarweb tahun 2020.
Facebook adalah website TERTINGGI NOMOR 3 yang paling banyak dikunjungi orang-orang Indonesia.
Dengan total kunjungan 644.800.000 kali
Benar, lebih dari SETENGAH MILIAR KALI dalam 1 bulan.


1 Bulan lho ya, bukan 1 tahun.
Ini banyak banget nget nget !!
Diatas Facebook hanya ada Google dan Youtube.
Nah, dalam prinsip pemasaran, dimana orang berkumpul, maka disitu kita bisa promosi Alias, dimana ada keramaian, disitu kita bisa jualan, hehe
Karena itu, manfaatkanlah Facebook ini Siapa tahu jodoh Anda ada di Facebook.

Eh..., jodoh produk Anda maksudnya.
Dan diprogram belajar ini, Saya akan sharing tentang Facebook Organic.
Karena Strategi promosi Facebook Organic BISA DIPRAKTIKAN SEMUA ORANG
Ya, tua, muda.
Baru mulai bisnis, sudah lama berbisnis.
Gaptek internet, melek internet.
Semua bisa pakai strategi ini.


Emang gimana strateginya?
Saya akan sharing bertahap, Tapi diawal ini, Saya akan sharing "3 Hal Penting untuk yang Promosi dengan Facebook Personal"

3 hal ini sangat sangat sangat penting, dan biasanya siapa saja yang promosi di Facebook tanpa paham 3 hal ini, pasti promosinya akan basi.

Alias sulit dapat pembeli.
Karena itu, Kalau Anda memang jualan di Facebook dan serius dengan itu, maka pahami 3 hal ini baik-baik ya.

Hal Penting untuk yang promosi di Facebook

ISI TEMANNYA

CARA INTERAKSINYA

STATUS-STATUSNYA

Ya, saya ulangi sekali lagi.

3 hal penting itu adalah isi temannya, cara interaksinya, dan status-statusnya.

Walaupun 3 hal ini simple, disadari atau tidak 3 hal inilah yang sangat mempengaruhi hasil jualan di Facebook.

Maksudnya gimana?
Saya akan jelaskan satu persatu.

Pertama, Isi Temannya.
Saya diajarkan oleh guru Saya kalau jualan itu harus ke target pasarnya.

Apa itu target pasar?

Target pasar adalah orang-orang yang punya kemungkinan tertarik dengan apa yang kita tawarkan, kemungkinan membeli produk kita dan punya kemampuan bayar produknya.

Contohnya, Jualan property, gak boleh ke anak SD.

Mereka gak akan tertarik, gak akan beli, gak bisa bayar, hehe.
Jual property ya ke target pasarnya.

Yang tertarik dengan property, yang kalau ditawarkan mereka akan beli, dan yang bisa bayar, hehe.
Apa yang terjadi kalau menawarakan sesuatu bukan ke target pasar?
Seringnya, dicueki, diabaikan, ditolak, produknya dianggap mahal.
Nah prinsip ini juga berlaku di Facebook.

Kalau kita jualan di Facebook, maka orang-orang yang kemungkinan besar beli adalah TEMAN FACEBOOK kita

Mereka yang baca status kita, mereka yang terima penawarannya.
Dan kalau mereka bukan target pasar, wah kacau balau, hehe.
Ada yang sulit dapat pembeli di Facebook?
Kemungkinan besar karena teman-teman Facebooknya, bukan target pasar yang tepat.

Kedua, Interaksinya
Buat yang ngerti dunia digital marketing, pasti paham.

Bahwa di Facebook ada sistem yang mengurutkan kedekatan tiap orang.
Makin dekat, maka statusnya makin sering muncul.

Buktinya apa?
Buktinya, teman Facebook banyak, tapi yang muncul 4L.

Alias Loe Lagi Loe Lagi
Ya, karena ada sistem ini, maka status yang sering nongol di Facebook kita adalah status-status dari orang yang sama.
Nah, ini terjadi juga lho di target pasar kita.
Walaupun kita berhasil mengisi teman Facebook dengan target pasar, tapi itu percuma kalau mereka gak baca status kita.
Gimana produknya mau dibeli, penawarannya aja gak mereka terima.

Iya kan?
Lantas bagaimana cara supaya status kita muncul di akun Facebook target pasar?
Kuncinya adalah interaksi
Facebook adalah sosial media.

Karena itu cara pakainya adalah bersosialisasi alias interaksi.
Gimana cara interaksi di Facebook?
Harus tercipta hal ini

Saling Like dan Saling Komen
Nah, coba cek Fbnya.

Selama ini gimana like dan komennya?
Pernah like dan komen status teman-teman Fbnya gak?

Statusnya sering dilike dan dikomen teman-teman Fbnya gak?
Besar kemungkinan, kalau 2 ini bermasalah, maka hasil jualannya juga ikutan bermasalah.
Yang Terakhir, Status-Statusnya
Lagi-lagi, guru Saya mengajarkan kalau jualan itu perlu proses.
Ya kali, rebus telur yang mudah aja tunggu berapa menit, masa nyuruh orang transfer maunya segampang itu.
Untuk dapat pembeli dari Facebook, ada tahap-tahapnya.
Tahap-tahap itu adalah

Dikenal
Disukai
Dipercaya

Berapa banyak yang KENAL kita di Facebook?
Berapa banyak yang SUKA kita di Facebook?
Berapa banyak yang PERCAYA kita di Facebook?
Nah jawaban dari semua itu adalah POTENSI PENJUALAN KITA
Semakin banyak yang kenal, suka, percaya.

Maka semakin mudah dapat pembelinya.
Sebaliknya, Semakin sedikit yang kenal, suka, percaya.

Maka ya gitu deh.
Lalu bagaimana cara supaya banyak yang kenal, suka dan percaya?
Semua itu lewat status-statusnya kita.
Kalau status kita egois, isinya jualan aja, gak menarik, maka itulah penyebab kita sulit dikenal, disukai dan dipercaya.
Karena itu, hal penting ketiga adalah status kita.
Percuma temannya tertaget, Interaksinya sering, kalau statusnya sembarangan.
Jadi begitulah.

3 hal inilah yang harus terus menerus diperbaiki untuk dapat hasil maksimal jualan di Facebook.
Ngomong-ngomong tentang memperbaiki, Jujur saja, Saya pun masih terus memperbaiki Facebook Saya.

Tapi untungnya sekarang Saya sudah tau ilmunya, jadi tinggal terusin praktik aja.
Lantas apa yang harus kita lakukan dengan 3 hal barusan?
Jawabannya adalah . . .

Jadikan itu AKTIVITAS SEHARI-HARI
Ya, Tambah teman sesuai target pasar, itu setiap hari.

Interaksi ke mereka, itu setiap hari, dan Posting status agar dipercaya itu setiap hari.
Nah, gimana tuh cara detailnya?
Jadi mulai nanti malam, Saya akan sharing tentang gimana cara dapat calon pembeli yang ideal di Facebook.
Bayangkan aja.

Kalau teman-teman Facebook kita adalah calon pembeli ideal.

Wah, pasti enak banget tuh dapat pembelinya.
Tenang aja, Saya akan sharing tipsnya ke Anda.

lanjut part 2 ya


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews

Like us on Facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *