Tata cara penulisan surat Komplain

March 03, 2017

Dalam dunia bisnis seperti sekarang ini mungkin kita tidak lagi menggunakan yang namanya surat menyurat konvensional melalui POS atau kurir lainnya, hal ini di karenakan sudah menggunakan yang namanya surat elektronik seperti email atau langsung chat ke media sosial. Namun tidak dipungkiri ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan alternatif ini.
Nah kali ini sahabat kampus akan berbagi ilmu mengenai surat komplain/keluhan. Dalam penulisan surat komplain ada aturan mainnya, tidak langsung marah-marah, minta ganti rugi, atau lain sebagainya. Nah berikut akan ane bagi beberapa coretan yang mungkin bisa membantu agan-agan dalam menulis surat komplain kepada perusahaan.

Nah biasannya Surat komplain yang sering dibuat oleh pembeli atau pelanggan karena beberapa masalah, misalnya :

  • Keterlambatan pengiriman
  • Menunda pengiriman
  • Packing buruk
  • Barang yang salah
  • Barang yang rusak
  • Kualitasnya tidak sama dengan sampel
  • Harga yang berbeda dari katalog
  • Diskon tidak sesuai kesepakatan, dll

Meskipun agan mungkin merasa marah karena beberapa masalah di atas, tetapi dalam korespondensi bisnis Anda tidak harus menunjukkan itu dengan menulis kata-kata buruk di surat keluhan Anda.
Surat Anda harus sopan, menjelaskan masalah dengan jelas misalnya dengan menyebutkan mengapa Anda tidak puas dan berharap pemasok Anda akan memberikan pengganti. berikut ini adalah beberapa aturan untuk membuat surat keluhan:

  • Mulai surat Anda dengan menyesali mengapa Anda mengeluh
  • Menulis tanggal pesanan, atau tanggal pembayaran dan pengiriman, dll
  • Menyatakan alasan Anda untuk menjadi puas
  • Meminta penjelasan dari perwakilan dari perusahaan
  • Menyarankan solusi
  • Menghindari kekasaran karena akan menciptakan perasaan sakit dan menyebabkan pemasok tidak bersedia untuk membantu
untuk contohnya bisa lihat disini

Demikian coretan dari ane semoga bermanfaat


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews

Like us on Facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *