17 TEKNIK CLOSING | JUALAN JADI LARIS MANIS (PART 2)

November 16, 2022


oke ini adalah tulisan lanjutan dari part 1 ya, bagi yang belum membeca tulisan di part 1 bisa cek disini
untuk teknik selanjutnya kita yaitu :

TEKNIK 4

NOW OR NEVER

Mereka Harus Memutuskan Saat Itu Juga, Kalau
Tidak, Dia Akan Menyesal

Contohnya…
  • “Diskon ini hanya berlaku untuk hari ini…”
  • “Sekaranglah saat yang paling tepat untuk bertransaksi. Besok mungkin harganya akan naik”
  • “Stok kami untuk barang ini sangat terbtas. Jika tidak diambil sekarang, Anda akan kehabisan”
  • “Sudah ada calon pembeli yang menawarnya. Saya khawatir barangnya habis. Lebih baik ambil sekarang”
  • “Ini adalah hari terakhir promo…”
  • “Sekali seumur hidup. Tidak akan diadakan lagi…”
  • “Jika Anda mendaftar hari ini, aku akan berikan tambahan diskon 2%. Tetapi khusus hari ini saja”
  • “Silakan ambil atau tinggalkan. Ini adalah satu-satunya kesempatan”
  • “Hari ini harga hanya Rp 150.000. Besok harga naik 10x lipat”
  • “Voucher DISKON ini hanya berlaku sampai malam ini. Besok vouchernya hangus!”
KUNCINYA…

Anda HARUS ingat, calon customer itu SUKA MENUNDA!

misalnya :

“Nanti saja ya…”
“Besok aja deh…”
“Pikir-pikir dulu ya…”
“Aku harus tanya suami dulu nih….”, dll


Teknik “NOW OR NEVER” ini akan memaksa calon customer untuk tidak menunda. Kenapa? Karena jika dia menunda, akan ada kerugian besar . Entah masa promo nya (DISKON, HADIAH, BONUS, dll) yang habis, atau produknya yang tidak ada lagi, atau bahkan harganya yang akan naik

Teknik ini cocok untuk Anda yang sedang mengadakan promo-promo kreatif. Atau memang momen khusus yang memiliki keterbatasan jumlah produk, jumlah waktu, atau jumlah pembeli


TEKNIK 5

SURPRISE! 
“Beri Kejutan yang Menyenangkan Customer Anda” 

Contohnya…
  • “Khusus untuk Anda, Saya akan memberikan Powerbank secara GRATIS! Tolong jangan cerita ke pelanggan lain ya…”
  • “Saya akan menambahkan ekstra baterai untuk setiap pembelian Blackberry tipe xxxx” 
  • “Karena mba sudah jadi customer kami, untuk pembelian berikutnya FREE Ongkos kirim…”
  • “Karena ibu sering belanja disini, kami akan berikan Sesuatu Khusus untuk ibu…”
  • “Akang ini orang spesial bagi perusahaan kami. Saya akan berikan BONUS Spesial khusus untuk akang…”
KUNCINYA…..
  • Orang itu suka dengan Kejutan. Lebih baik Anda tidak menjanjikan lebih tapi pada akhirnya akan memberikan sesuatu yang lebih, daripada menjanjikan lebih tapi pada kenyataannya Anda tidak menepatinya
  • Teknik ini akan sangat berguna terutama untuk memancing pembelian berikutnya. Orang kalau sudah puas dan bahagia, biasanya akan terus-terusan beli ke kita.  Bahkan, dia akan menyebarkan virus WOMM ke teman-temannya. 

TEKNIK 6

PERBANDINGAN 
“Beri 3 Penawaran dan Simpan yang Ingin Dijual Diurutan ke-2” 

Contohnya…
Anda ingin menjual produk “X”, harganya Rp 185.000. Produk ini awalnya nggak laku. Kalau Anda menggunakan teknik Perbandingan, Anda akan buat produk A dan B yang notabene produk A lebih mahal dan  produk B lebih murah. Sedangkan produk X harganya di tengah-tengah, kualitasnya pun demikian

Misalnya...
“Ibu produk A harganya Lebih Mahal.  Kualitasnya pun memang sangat bagus. Kalau produk X ini harganya  lumayan terjangkau. Kualitasnya juga bagus. Cocok untuk Ibu. Kalau produk B harganya murah banget. Tapi ya itu, kualitasnya pun biasa-biasa saja.

Jika Anda HARUS memilih, Anda mau beli produk yang mana?

Berdasarkan survei Saya ke beberapa orang di beberapa tempat, ternyata orang cenderung memilih produk yang pertengahan, yaitu produk X.  Apalagi kalau yang A dan B sudah kita setting lebih mahal
dan lebih murah.

Akan terasa berbeda jika Anda hanya menjual produk X saja. Tidak ada yang dibandingkan. Orang justru cenderung  tidak beli. Alhasil, teknik Perbandingan sangat efektif jika dibandingkan dengan penawaran tanpa adanya perbandingan


You Might Also Like

0 komentar

Total Pageviews

Like us on Facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *