7 Alasan yang suka di jadikan mahasiswa untuk liburan bermodus tugas kampus

April 02, 2017


Manusia sejatinya memang butuh Traveling. Di tengah kesibukan dan penatnya aktivitas rutin setiap hari, sudah kodratnya jiwa dan raga membutuhkan asupan angin segar untuk membuatnya kembali fit. Termasuk juga bagi kalian yang berstatus mahasiswa, dimana dengan setumpuk tugas kuliah, laporan, bahkan organisasi, menjadikan tubuh dan pikiran mahasiswa lebih mudah lelah.

Tak jarang pula kalian melihat teman-teman kalian atau mungkin diri kalian sendiri yang sering memanfaatkan waktu semasa kuliah untuk traveling namun dengan izin resmi kampus.

Nah, berikut ini beberapa alasan yang sering digunakan Mahasiswa untuk bolos kuliah secara resmi namun mengambil keuntungan dengan traveling, Ibarat pepatah menyatakan ‘sambil menyelam minum air’

Di tulisan ini bukan berarti menggunakan ‘kebaikan’ kampus untuk kepentingan pribadi atau bisa dikatakan korupsi, tetapi jika dikupas dari kata Traveling sendiri sejatinya berarti berpindah dengan suasana baru, bukan berarti liburan ketempat wisata. Jadi, dengan melakukan hal-hal dibawah ini secara benar dan bijakpun sebenarnya sudah termasuk traveling karena terjadi perpindahan diri ke lokasi lain, dan terpenting kalian mendapatkan kesegaran baru bak sedang melakukan traveling ke objek-objek wisata.


1. Seminar
7 Alasan yang Suka Dijadikan Mahasiswa untuk Liburan Bermodus Tugas Kampus
via aksharacollege.org

Ada berpuluh bahkan ratusan seminar yang diselenggarakan di Indonesia setiap tahunnya, termasuk bagi kepentingan mahasiswa. Tak jarang, para mahasiswa sengaja ikut serta seminar selain untuk tujuan menambah ilmu dan sertifikat, juga embel-embel ‘sekalian liburan’.

Trik yang sering digunakan mahasiswa ialah memilih Seminar yang diadakan diluar kota atau bahkan luar negeri. Mereka yang memiliki uang lebih, bisa langsung saja mendaftar kemudian meminta izin ke kampus, namun bagi mereka yang ingin mendapatkan asupan dana, maka harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membuat proposal bahkan mungkin tulisan ilmiah untuk diajukan ke pihak kampus. Biasanya kampus memang menyediakan dana keikutsertaan mahasiswa dalam seminar yang relevan dengan bidang studi masing-masing fakultas.


2. Study Banding Organisasi
7 Alasan yang Suka Dijadikan Mahasiswa untuk Liburan Bermodus Tugas Kampus
via umass.edu

Tak hanya untuk keperluan akademik, urusan organisasi juga bisa mendapatkan izin resmi dari kampus karena kegiatan organisasi juga dianggap menjadi pilar penting membangun soft skill mahasiswa. Organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa pun sering kali mengadakan study banding untuk keperluan kemajuan organisasinya. Biasanya juga kegiatan ini mendapat support dana dari kampus.

Trik yang biasa digunakan ialah dengan ikut serta menjadi kepanitiaan studi banding. Kalian bisa ikut mengusulkan lokasi, tak sekedar asal usul, tetapi harus memiliki keterkaitan dengan tema Study Banding yang diangkat serta kualitas lokasi yang hendak dituju. Jika kedua syarat tersebut terpenuhi, maka sounding dan acc ke pihak pembina organisasi atau fakultas penaung akan lebih lancar nan mulus.

Kegiatan study banding biasanya memang tidak lama, hanya sekitar 1 hari atau maksimal 2 hari, namun dengan pengaturan jadwal yang tepat maka kegiatan ini bisa juga dijadikan alternatif untuk menyegarkan pikiran.


3. Kuliah/Praktikum Lapang
7 Alasan yang Suka Dijadikan Mahasiswa untuk Liburan Bermodus Tugas Kampus

Dalam kegiatan belajar mengajar di kampus, terdapat juga mata kuliah yang mengadakan praktikum atau kuliah lapang. Untuk beberapa mata kuliah, seringkali kegiatan lapang dilakukan di luar kampus bahkan mungkin di luar kota. Mahasiswa juga tak jarang dijadikan panitia untuk mengurus keperluan praktikum. Kesempatan menjadi panitia inilah yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk mengatur jadwal agar kegiatan praktikum atau kuliah lapang berasa aroma liburan baik dengan pemilihan lokasi ataupun pengaturan jadwal.

Sebelum menentukan lokasi biasanya tetap diadakan diskusi terlebih dahulu dengan dosen mata kuliah, tak jarang pada akhirnya Mahasiswa diberi kebebasan penuh oleh dosen untuk menentukan lokasi dan jadwal, asalkan tetap memenuhi standar. Di banding cara-cara lain untuk mengambil kesempatan traveling, maka Kuliah atau Praktikum Lapang terbilang yang paling menyenangkan karena biasanya memiliki waktu lebih fleksibel dan memang unsur wisata lebih terasa, apalagi karena bersama teman-teman tentu menjadikan perjalanan lebih semarak.


4. Penelitian / Ambil Data
7 Alasan yang Suka Dijadikan Mahasiswa untuk Liburan Bermodus Tugas Kampus
via oxy.edu

Urusan ambil data tidak hanya tentang skripsi, banyak mata kuliah mengharuskan mahasiswanya mengambil data secara langsung baik secara individu maupun kelompok.

Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil tema yang berlokasi di tempat-tempat wisata jika memang memungkinkan, jika tidak pun, tetap saja pergi ke lokasi lain akan memberikan nuansa liburan tersendiri. Dengan kesempatan ini, Mahasiswa tidak hanya bisa menyelesaikan tugas tetapi juga berkesempatan untuk traveling.


5. Mengambil Mata Kuliah yang Sering Keluar Kampus
7 Alasan yang Suka Dijadikan Mahasiswa untuk Liburan Bermodus Tugas Kampus

Jika kamu berada di kampus yang memperbolehkan bahkan mewajibkan Mahasiswanya mengambil mata kuliah di luar Program Studinya, maka hal ini bisa menjadi keuntungan. Kalian bisa mengambil mata kuliah tertentu yang memang seringkali mengadakan praktikum mengunjungi tempat-tempat wisata atau keluar kota.

Sebelum memilih mata kuliah pilihan, kalian memang harus melakukan survei terlebih dahulu, tidak hanya soal sering tidaknya mengadakan kegiatan diluar kampus tetapi juga kesesuaian dengan program studi utama kalian serta yang paling penting ialah tidak bentrok dengan mata kuliah program studi utama. Keuntungan terbesar dari cara ini ialah kalian tidak perlu izin sendirian karena memang kegiatan praktikum/kuliah dilakukan bersama-sama satu kelas.


6. Ikut Lomba
7 Alasan yang Suka Dijadikan Mahasiswa untuk Liburan Bermodus Tugas Kampus
via design.iastate.edu

Cara satu ini memang tidak begitu mudah karena dibutuhkan usaha lebih. Menjadi beruntung jika memang kegiatan lomba mengharuskan semua peserta datang ke lokasi, namun jika hanya finalis terbaik, maka tentu butuh energi ekstra.

Namun kenyataannya memang keikutsertaan Mahasiswa dalam suatu lomba akan lebih mudah di support oleh kampus sehingga perizinanpun akan lebih mudah didapat. Jika kalian lebih niat lagi, maka bisa saja kalian mengambil suatu studi kasus di suatu lokasi tertentu yang mengharuskan kalian mengambil data di luar kampus. Hal ini juga sejatinya untuk mengasah kemampuan sosial agar terbiasa menghadapi kehidupan luar kampus. Biasanya mahasiswa terlalu nyaman di lingkungan kampus sehingga sering gagap ketika sudah lulus.

Bagi kalian yang bingung menentukan lomba apa yang bisa diikuti atau memang untuk program studi kalian terbilang jarang terselenggara lomba, maka bisa saja kalian ikut lomba umum seperti Program Kreativitas Mahasiswa yang biasa diadakan setiap tahun oleh Dikti. Kegiatan ini lebih mengutamakan ide akan kekreativitasan produk, jadi tidak perlu seutuhnya sesuai dengan program studi peserta.


7. Pelatihan
7 Alasan yang Suka Dijadikan Mahasiswa untuk Liburan Bermodus Tugas Kampus
via educrib.com

Kegiatan pelatihan juga sangat bermanfaat bagi Mahasiswa karena sangat membantu mengembangkan kemampuan. Disamping itu, ikut serta dalam kegiatan pelatihan juga sangat mungkin dimanfaatkan untuk berlibur. Meskipun biasanya waktu pelatihan cukup padat dari pagi hingga petang, namun tetap saja kalian bisa memanfaatkan waktu satu hari setelah pelatihannya untuk jalan-jalan mengeksplore kota tempat berlangsungnya pelatihan.

Tak jarang pula memang pihak panitia pelaksana mengadakan city tour pasca pelatihan, tentu kalian bisa mendapatkan pengalaman lebih kaya lagi. Selain itu, bertambahnya teman dari kampus berbeda akan sangat menguntungkan kedepannya.


sumur

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *