Cara Membuat Mail Marge Sederhana
May 16, 2017
Mail Merge merupakan fasilitas yag sudah disediakan di Microsoft Office yaitu menggunakan Microsoft Office Wodr.
Fasilita Mail Merge biasanya di gunakan untuk membuat sertifikat, undangan, label maupun amplop dan bisa sangat besar manfaatnya, salah satu cotohnya ketika kita membuat surat dengan alamat yang berbeda dan harus di print, ya kalo alamtanya hanya 5 atau sampe 10 mungkin masih bisa kita atasi. akan tetapi ketika kita menghadapi perintah atasan suruh membuat surat undangan atau surat lainnya yang alamatanya harus di print dan jumlahnya 100 lembar lebih, wah gimana coba sobat banyangkan pasti krinting jari-jari ini dan bahkan akan memakan banyak waktu. nah untuk itu mari kita bekerja secara cerdas dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah di sediakan Ms. Word ini. berikut langkah-langkahnya... cekidot dot..
pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu folder (drive D atau E) untuk menyimpan dokumen kerja kita. karena dalam mail marge kita akan memiliki dua file kerja yang saling berhubungan/terintegrasi. oke setelah sudah selesai buat foldernya mari kita masuk ke Ms. Word untuk membuat documen masternya (surat), lalu kita save ke folder yang telah kita siapkan. oke kita lanjut langkah-langkah nya.
1. Buka dulu Ms. Word
2. Klik menu MAILINGS
3. Pilih sub menu SELECT RECIPIENTS
4. Klik Type New List
Setelah itu akan muncul jendela windows baru seperti dibawah
ini
Di situ akan muncul
menu Tile, First Name, Last Name, Company Name, Address Line. Itu adalah menu
list standar bawaan ms. Office nya.
Jika anda ingin
merubah menu tersebut anda bisa pilih menu CUXTOMIZE COLUMS, anda klik lalu
akan muncul jendela baru seperti dibawah ini.
Lalu anda bisa
memilih buton DELET dengan menekan satu persatu FIELD NAMES yang ada. Anda
DELET semua list nya kemudian anda ganti dengan keinginan anda sendiri. Dengan
mengklik menu ADD maka akan muncul jendela baru seperti di bawah ini
Anda tinggal input
database sesuai kebutuhan
Misalnya :
Nama
Alamat
Kode Barang
Setelah kita input data di atas maka akan menjadi seperti
ini
Maka sampai disini
database anda sudah selesai dan anda tinggal mengisi database sesuai dengan
data yang akan anda input.
Setelah jadi data base anda, untuk
melihat hasil dari pekerjaan anda pilih sub menu PREVIEW RESULTS maka akan
muncul hasil nya.
Untuk mengganti
“nama satu dengan nama yang lain” anda
pilih menu
Maka otomatis akan
berubah database nya
MENGEDIT DATABASE
Setelah anda membuat
database seperti diatas, namun anda ingin mengedit beberapa data yang ada. Anda
cukup pilih menu MAILINGS kemudian pilih EDIT RECIPIENT LIST maka akan muncul
jendela baru seperti dibawah ini
Jika sudah muncul
jendela tersebut untuk mengedit anda klik dahulu nama file yang anda simpan
sebelumnya “data base.mdb” kemudian klik EDIT dan silahkan anda edit sesuka
hati.
demikian trik sederhana yang bisa saya bagikan, kurang lebih bisa di intro sendiri di mbah google hehehe
0 komentar