Berkomunikasi sesuai dengan kerakter orang

July 12, 2017

communication for a man
Setiap orang yang kita temui memiliki karakter yang berbeda-beda. ada yang suka berbicara, ada juga yang tidak suka berbicara, ada yang suka mendengarkan dan tidak ada yang suka mendengarkan, sampai adapun yang tidak suka berbicara dan tidak banyak berbicara.

namun demikian kita bisa menilai dan menggunakan beberapa tips agar kita mudah berkomunikasi dengan sesorang yang baru. berikut tipsnya
  1. Penampilan Fisik, faktor ini menyangkut tata busana dan tata rias seperti kemeja, celana, dasi, sepatu, model rambut, kerapihan dan kebersihan. penampilan luar merupakan cerminan kepribadian kita, sebagian atau keseluruhannya merupaan visualisasi inti kepribadian kita yang terdalam.
  2. Keramahtamahan Visual, keramahtamahan perlu di visualisasi atau diperlihatkan, dibuat nyata, melalui ekspresi bahasa verbal maupun non-verbal. berikut ini adalah contoh-contoh keramahtamahan visual : 
    • Senyum : senyum adalah bahasa universal yang mengatakan "saya senang pada anda". jadi senyumm secara psikologis sangat membuat nyaman di tengah suasana asing bersama kital.
    • Gesture - Bahasa Tubuh : mimik wajah yang senang, simpatik disertai tangan yang menyambut dan badan yang condong terhadap orang yang akan berkomunikasi bahwa kita menyenanginya.
    • Suara : Balita, walaupun belum mampu berbicara ternyata sudah mampu membedakan nada suara sayang, suka atau lembut dengan nada suara yang marah, jengkel, atau bosan dari orang tuanya.
    • Ringan tangan : sabar dan ringan tangan dalam menjawab, memberi keterangan dan menolong sesorang akan sangat memberi kesan positif bagi seseorang tersebut.
    • Menyenangkan : menjadi pribadi yang menyenangkan merupakan salah satu syarat untuk menjadikan komunikasi tidak canggung.

3. Sikap Positif, secara umum sikap positif terhadap seseorang adalah perasaan dan pikiran positif yang kita punyai mengenai orang tersebut. yang kita nyatakan lewat perkataan dan perbuatan yang positif pula. kehangatan pribadi kita adalah juga produk dari sikap optimisme dan antusiasmenya yang di topang oleh tekad untuk sukses dan kegigihan mengatasi hambatan.

4. Antusiasme : antusiasme barangkali merupakan kualitas kepribadian yang paling memiliki daya pengaruh terhadap orang lain karena penampakannya yang sangat ekspresif dalam tiga dimensi : Visual, Auditif dan kinestetik. Antusiasme memang bagaikan cahaya yang merambatkan kehangatan dan terang yang selain memikat dan memukau, ia juga menular. 

5. Pengetahuan : orang yang kurang belajar selalu kelihatan bingung, salah kaprah dan tidak meyakinkan. sebaliknya orang yang tahu dan berilmu selalu kelihatan mantap, menguasai diri dan keadaan sekitarnya, serta percaya diri. 

mungkin anda pernah mendengar teknik 3V dimana Verbal kita ternyata hanya memiliki kekuatan pengaruh 7%, Vocal kita 38% dan Visual kita 55%.
oleh karena itu dalam penyampaian informasi gunakanlah tangan anda untuk membantu visualisasi apa yang anda sampaikan. gunakan bahasa tubuh anda untuk memperkuat informasi. gunakan vocal agar komunikasi menjadi nyaman dan tidak monoton.
  • What we say (apa yang anda katakan) pengaruhnya 7%
  • How we say it (cara mengatakan/vocal/intonasi) pengaruhnya 38%
  • How we look (penampilan, gesture, visual) pengaruhnya 55%

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *