Tata cara penulisan surat Komplain
March 03, 2017
Dalam dunia bisnis seperti sekarang ini mungkin
kita tidak lagi menggunakan yang namanya surat menyurat konvensional melalui
POS atau kurir lainnya, hal ini di karenakan sudah menggunakan yang namanya
surat elektronik seperti email atau langsung chat ke media sosial. Namun tidak
dipungkiri ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan alternatif ini.
Nah kali ini sahabat kampus akan berbagi ilmu
mengenai surat komplain/keluhan. Dalam penulisan surat komplain ada aturan
mainnya, tidak langsung marah-marah, minta ganti rugi, atau lain sebagainya. Nah
berikut akan ane bagi beberapa coretan yang mungkin bisa membantu agan-agan
dalam menulis surat komplain kepada perusahaan.
Nah biasannya Surat komplain yang sering dibuat
oleh pembeli atau pelanggan karena beberapa masalah, misalnya :
- Keterlambatan pengiriman
- Menunda pengiriman
- Packing buruk
- Barang yang salah
- Barang yang rusak
- Kualitasnya tidak sama dengan sampel
- Harga yang berbeda dari katalog
- Diskon tidak sesuai kesepakatan, dll
Meskipun agan mungkin merasa marah karena beberapa masalah di atas, tetapi dalam korespondensi bisnis Anda tidak harus menunjukkan itu dengan menulis kata-kata buruk di surat keluhan Anda.
Surat Anda harus sopan, menjelaskan masalah dengan
jelas misalnya dengan menyebutkan mengapa Anda tidak puas dan berharap pemasok
Anda akan memberikan pengganti. berikut ini adalah beberapa aturan untuk
membuat surat keluhan:
- Mulai surat Anda dengan menyesali mengapa Anda mengeluh
- Menulis tanggal pesanan, atau tanggal pembayaran dan pengiriman, dll
- Menyatakan alasan Anda untuk menjadi puas
- Meminta penjelasan dari perwakilan dari perusahaan
- Menyarankan solusi
- Menghindari kekasaran karena akan menciptakan perasaan sakit dan menyebabkan pemasok tidak bersedia untuk membantu
Demikian coretan dari ane semoga bermanfaat
0 komentar